CARA BARU BAYAR TAGIHAN PDAM di POS DAN GIRO - CIANJUR SATOE
Headlines News :

PEMDA

Home » » CARA BARU BAYAR TAGIHAN PDAM di POS DAN GIRO

CARA BARU BAYAR TAGIHAN PDAM di POS DAN GIRO

Written By satoe endonesia on Minggu, 26 Agustus 2012 | 20.38


Upaya  melayani masyarakat dalam mempermudah pembayaran tagihan rekening air minum, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Cianjur, telah bekerjasama dengan PT. Pos Persero di seluruh Indonesia. Layanan yang baru diluncurkan belum lama ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat cianjur terutama warga yang berdomisili di luar cianjur namun memiliki fasilitas pelayanan PDAM seperti pemilik Villa atau tempat usaha di Kawasan Cipanas yang notaben pemiliknya rata-rata orang Jakarta.
Direktur  PDAM Suherman memaparkan, pelayanan ini dalam rangka menjaring tagihan dari pelanggan yang terbentur kendala jarak pembayaran. Melalui layanan ini, diharapkan masyarakat lebih mudah dan cepat melakukan pembayaran tagihan penggunaan air. “fasilitas ini semua, dibangun dalam upaya lebih meningkatkan pelayanan terhadap publik,” papar Direktur di ruang kerjanya.
Berdasarkan laporan keuangan secara priodik, diketahui piutang warga membayar tagihan rekening PDAM mencapai angka Rp, 7 miliar. Sebagian kendalanya karena pemilik rekening tagihan bukan merupakan asli orang Kabupaten Cianjur dan menetap di beberapa kota. “Nah dengan fasilitas pembayaran melalui kantor Pos ini sangat diharapkan, dapat menjaring tagihan yang nilainya sangat tinggi di masyarakat,” tambahnya.
Selain layanan pembayaran tadi, lanjut Suherman, ada beberapa pelayanan yang sudah lebih dulu diterapkan PDAM. Salah satunya adalah SMS pengaduan di nomor 085712345777 yang sudah akif sejak empat bulan lalu. Dalam waktu dekat ini, tindakan untuk merespon pengaduan lewat SMS maupun langsung bisa ditanggapi dalam waktu 1 x 24 jam.
“Dalam waktu ini juga, kami siap meluncurkan jenis layanan baru berupa Payment Bangking Online artinya, masyarakat bisa memanfaatkan bank untuk membayar tagihan PDAM. Tentu saja kita berharap semua pelayanan ini memberikan kemudahan luas bagi masyarakat,” jelasnya.
Soal penyesuaian tariff yang diberlakukan PDAM tertanggal 1 Agutus lalu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 539/KEP.132-PDAM/2012, diharapkan dapat mendongkrak layanan yang lebih luas bagi masyarakat cianjur. Berdasarkan data, baru 10 persen masyarakat yang menerima manfaat air bersih dari PDAM. Dari data itu, sekitar 55 persennya adalah masyarakat kota.
“Jelas ini PR besar bagi kita semua agar masyarakat bisa menikmati air bersih sehingga membantu program pemerintah dalam hal meningkatkan indeks kesehatan mayarakat sehingga membentuk masyarakat lebih sehat dan Cerdas sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Cianjur,” terangnya.
Perlu diketahui masyarakat, sambungnya, hingga saat ini pemerintah masih memberikan subsidinya seebsar 20 persen dari. Saat ini biaya produksi air minum bersih masih cukup tinggi yakni Rp, 3.314/M3 sementara tariff yang dikenakan untuk masyarakat hanya Rp. 2.300/M3. “Meski begitu, kami tetap berusaha terus meningkatkan kinerja dan layanan agar Perusahaan menjadi perusahan yang mempunyai akuntabilitas publik sangat baik,” pungkasnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DARI REDAKSI

REPORTASE KOTA

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. CIANJUR SATOE - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template